Saturday, January 07, 2006

belajar geofisika (2)

kalo saya diminta menjelaskan tentang geofisika secara sederhana, maka jawabannya seperti ini:
apa geofisika?
geofisika adalah ilmu yang mempelajari bumi dengan penjelasan fisika dan matematika.
untuk menjelaskan struktur dan kondisi di bawah permukaan tanah, geofisika menggunakan gelombang suara, gelombang seismik, magnet, listrik, bor, dan nuklir. gangguan yang diberikan ke alam, tentu akan mengakibatkan respons, nah dari respons inilah kita, manusia, bisa mempelajari kondisi bawah permukaan tanah itu seperti apa.

yang saya suka dari geofisika?
banyak gambarnya, penuh warna, dan kalo udah dibuat 3dimensi atau 4dimensi, wah udah lupa deh matematikanya. warna disini digunakan untuk membedakan, karena beda dengan arsitektur misalkan yang menggunakan warna karena memang benda itu sendiri. geofisika menggunakan warna untuk membedakan nilai yang di dapat dari respons alam tadi.

geofisika di indonesia?
secara lembaga diwakili oleh bmg, badan meteorologi dan geofisika. badan ini yang mengelola seismogram dan alat geofisika lain yang digunakan untuk mengetahui kondisi alam indonesia. terutama untuk keperluan eksplorasi bukan untuk eksploitasi. banyak tuh perusahaan yang gerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam indonesia, semisal emas, perak, gas, minyak dll, cara yang mereka gunakan diantaranya ya metoda geofisika. banyak sudah ilmuwan geofisika indonesia, banyak juga doktor lulusan luar negeri dan universitas top dunia, beberapa diantaranya ada yang profesor. secara mudahnya sih beliau-beliau ini bisa dibedakan, ada yang meneliti untuk kepentingan komersil dan ada yang untuk ilmu pengetahuan saja.
banyak diantara peneliti itu yang bilang karena dana riset di indonesia tidak banyak, dan penghargaan terhadap itu juga tidak jelas, maka banyak yang lebih giat meneliti untuk kepentingan perusahaan, karena dananya lebih jelas dan tentu apreasiasinya lebih jelas juga. meskipun demikian, banyak juga kok peneliti kita yang dapat dana internasional untuk meneliti.

kalau ditanya hukum ,ekonomi, politik, dan ilmu sosial lainnya (?) banyak tentu nama yang keluar tapi kalau ditanya, geofisika indonesia siapa? agak berat jawabnya masyarakat awam, karena memang isunya agak jauh dari keseharian kebanyakan masyarakat. padahal gempa adalah wilayah kerja geofisika, dan indonesia potensi gempanya sangat tinggi.

0 komentarnya:

Post a Comment

<< Home