Tuesday, March 27, 2007

Laki-Laki

entah kenapa, hari ini, saya merasa ditantang terbuka, sebagai judul di atas, laki-laki.

siapa itu laki-laki?

yang bisa menentukan hidup mati banyak orang? itu tuhan kah?
yang bisa menghidupi banyak orang? itu tuhan kah?
yang bisa mengendalikan pikiran dan perasaannya menjadi produk kemanusiaan? itu filosof dan ilmuwan?
yang bisa mengambil keputusan dengan sedikit mungkin kecewakan orang? itu pemimpin

jadi siapakah laki-laki?

pernah saya membaca tulisan teman, karunia terbesarnya terlahir di dunia adalah kenyataan bahwa ia adalah perempuan, bagaimana dengan saya? apakah dengan mengali apa yang dipunyai lelaki x dengan 1000 kali nya saya jadi laki-laki? dan x harus dipanggil perempuan? apakah dengan tidak memiliki keluarga berhenti saja sifatnya seseorang sebagai laki-laki?

kalau hanya masalah matematika, hari ini juga, saya tegaskan, akan saya kalikan 1000 apa yang dipunyai orang yang menyebut dirinya laki laki dan saya bukan.

dan allah adalah kecenderungan pikiran manusia untuk laki-laki? kenapa Him bukan Her? kenapa para nabi dan rasul laki-laki?

pramoedya menulis:

dan saya terbakar amarah sendirian.

begitupun saya:

saya terbakar bara dendam saja, naluri hewani yang ada dalam ini manusia.
saya terlahir dengan dendam, dan akan menutup mata dengan dendam baru untuk orang-orang yang saya bakar. maka saya memegang itu api hari ini, dan selamanya.

_adw

3 komentarnya:

Blogger adinda bilang...

laki-laki adalah imam dalam keluarga
laki-laki adalah bapak dari anaknya
laki-laki adalah suami dari istrinya
laki-laki adalah orang yang ku (baca:wanita) sayangi....

Kami perempuan bersyukur terlahir menjadi perempuan karena dapat merasakan tenangnya berada dalam perlindunganmu, laki-laki

-od yg bersyukur karena mu

12:46 pm  
Blogger Dimas bilang...

hmmm... gw mencium bau2 ada yang bakal ditusuk nih.. siapa ndi?? butuh piso karatan?? wakakakak..

10:02 pm  
Blogger Galuh S Indraprahasta bilang...

Yang pasti laki-laki dan perempuan dibedakan oleh perbedaan genetik kromosom XX dan XY yang tentunya memberikan konsekuensi kepada perbedaan sifat dan fisik. Allah lah yang menciptakan makhlukNya secara berpasang-pasangan untuk saling melengkapi

8:14 am  

Post a Comment

<< Home