Friday, January 20, 2006

jumatan seru!

saya jadi ingin menuliskannya.
tadi siang tu jumatan terakhir saya di canberra, di benua ini juga deh. saya inginnya jumatan di mesjid raya canberra, tapi karena mau terus nonton konser australian youth orchestra di old parliament house yang deket kampus, ya jadinya saya putusin untuk jumatan di anuma (anu moslem association), di dalam kampus. kebetulan saya diminta adzan, baiklah saya adzan, keliatannya kebanyakan jamaah orang indonesia. tapi khotbahnya pake bahasa inggris tetep. saya coba perhatikan khutbahnya, ngebahas leadership. ya komparatif studi gitu deh, antara pemimpin-pemimpin di dunia. yang seru adalah mengutip dari mana-mana ni khutbah. bible, buku karangan doktor astronomi princeton, sama al-quran. jadi seru juga mencomot sana-sini. maksud hati mencoba jernih mungkin ya(?). tapi kenapa saya jadi lebih mudah menerimanya, dibanding jika hanya mengutip al-quran?hmm...

saya pikir-pikir yang ditekankan di khutbah itu juga hasil penelitian dari buku yang mengurutkan pemimpin dalam sejarah tersebut. 3 besar urutannya muhammad saw, newton, jesus. alasannya, muhammad tidak hanya sukses sebagai pemimpin agama serta kejelasan ajarannya, tapi juga mempraktekan, dan kejelasan sejarah pribadinya. yang ketiga dinilai berhasil mengenalkan christianity, tapi tidak berhasil mendapat banyak pengikut yang mengerti ajarannya(versi yang di bawa jesus waktu itu).

karena di khutbah jum'at tidak ada aturan untuk membolehkan dialog, jadinya makmum(sidang jum'at) hanya mendengarkan dan menyimpan pertanyaanya, kalo masih tertarik, tanya saja sama google.

wallohu a'lamu bisshawab
!

2 komentarnya:

Blogger ikram bilang...

Itu dari segi hukum agamanya gimana? Yang namanya khotbah jumat kan terikat pada aturan tertentu, nggak seperti ceramah-ceramah atau pidato.

9:58 am  
Blogger adiwiarta bilang...

hukum jumat yang utama:(cmiiw)
1. pengkhutbah duduk diatara dua khutbah(doa)
2. diawal mengingatkan taqwa dan iman
3. makmum tidak bicara dan tidak sah solat jumatnya kalo ga ikut denger khutbah
4. diakhiri dengan do'a

seperti ini ga ya kemaren...iya sih cuman ga ada bahasa arabnya do'a awalnya ;p

12:55 pm  

Post a Comment

<< Home