Monday, April 25, 2005

HariBumi:HanyaSatuHari

Sampai saat ini saya tidak merasa hari bumi istimewa. Dan entah kenapa hari harus ada satu hari untuk memperingati bumi. Apanya yang mau diperingati, keberadaannya, fungsinya buat kita, cara kita menghargainya…pertanyaan-pertanyaan yang seru lebih mengarah pada pemaknaan hari-hari kita hidup di bumi. Tentang kesadaran. Tentang pemaknaan. Dengan demikian maka tiap hari hidup kita adalah hari kita untuk bumi. Karena seingat saya, kita masih tinggal di bumi.

Terus pertanyaannya, HMGM sebagai himpunan manusia dengan kesamaan sebagai mahasiswa punya peran istimewa apa dalam hari bumi? Tidak ada, atau selalu?

Mari kita memulai dengan diri kita sendiri, apakah ajakan itu baru pertama kali anda dengar? Tentu saja tidak. Apakah masih ada cara kita hidup yang merugikan bumi? Meskipun kecil. Merokok? Membuang puntung rokok, membuang sampah sembarangan? Membiarkan sammpah tidak pada tempatnya. Tidak mencari tahu tentang pencemaran yang terjadi tiap satuan waktu di sekitar kita. Sesudah tahu, ngapain? Kalo hanya diam jadi merasa bersalah nggak? Kalo nggak ya gpp.

Saya ingin memperingati hari bumi dengan sesuatu yang berguna dan kongkrit. Saya ingin menanam pohon. Satu saja, di suatu tempat di Bandung. Saya ingin ikutan aksi perayaan dan kampanye hari bumi. Biar masyarakat jadi tahu kalau hidup kita di bumi ini bukan sesuatu yang taken for granted, gratis.

Saya ingin membuat kaos tentang peringatan hari bumi, dengan gambar dan tulisan yang provokatif. Biar jadi mometo peringatan tahun ini, tahun depan sya buat kaos lagi, dengan tema yang sama. Mungkin ada isu bumi terbaru setahun ke depan. Atau paling enggak desainnya beda.

Saya ingin HMGM bersih-bersih rumahnya. Gedung dua lantai ini. kecil lho ini, tempat kita hidup. Tempat kita mempelajari sesuatu. Dan sangat mungkin tempat kita merencanakan perbaikan untuk bumi, atau bahkan rencana merusak bumi.

Liat deh, HMGM udah ramah lingkungan atau belum, sayang bumi atau enggak. Sampah yang ada disekitar himpunan udah pada tempatnya belum? Iiya, sederhana, nyimpen sampah aja, udah bener belum? Liat papan pengumumannya, pada rapi nggak? Pake kertas re-use ga? Materialnya hemat nggak. Kenapa sih hal-hal kecil kayak gitu dipermasalhin. Jangan konyol deh. Ngurusin hal yang beneran ajah. Itupun kalo himpunan bisa…

Himpunan tu, apaan sih? Saya-anda-mereka, semua yang ngerasa. Kalo udah enggak ya gpp.

Sudah sedemikian pesimiskah himpunan sekarang. Pertanyaannya, sudah mikirin dan ngelakuin apa aja untuk himpunan? Atau sempat nggak mikirin himpunan. Iya nih kurang ini, buat yuk,atau kita terlalu lemah…

Tuh kan, pesimis lagi…yaah ngeluuuh, di OS- ga si..yaah.

Eh lu jangan sok tau deh. Gw kan harus bagus kuliahnya, ga ada waktu lagi ngrusi kerjaan lo. Gw mau bikin pacar gw bangga, lagian gw utang banyak ama ortu gw, jd ya mesti dpt kerja cepet, gaji gede, nikah, anak gw soleh-soleh. Dan gw udah milih...

Terus hari buminya gimana nih…

Iya lu udah ramah belum ama bumi, tiap hari adalah hari bumi, hari air, hari udara…

Obrolan santai antar teman di himpunan.

_hehe ;p.

5 komentarnya:

Blogger ikram bilang...

Niatnya mau bikin tulisan yang "dialog" gitu ya Ndi... Gua baru ngeh :)

Andi:
"Eh lu jangan sok tau deh. Gw kan harus bagus kuliahnya, ga ada waktu lagi ngrusi kerjaan lo. Gw mau bikin pacar gw bangga, lagian gw utang banyak ama ortu gw, jd ya mesti dpt kerja cepet, gaji gede, nikah, anak gw soleh-soleh. Dan gw udah milih..."


Gua banget.

4:08 am  
Blogger Beni Suryadi bilang...

yahh...kalo setiap hari adalah hari bumi, trus kapan dunk hari Ibu, hari Pendidikan, Hari Valenting dll nya...Trus kapan juga hari dimana ga bakal ada yang ganggu kenikmatan gua dan dia bercinta ^-^

9:39 am  
Anonymous Anonymous bilang...

haha love ye guys, dan sudah ada tiga rumah yang menanti gw jadi menantu, gw baru sadari itu tadi pagi huehue...

5:13 pm  
Blogger Beni Suryadi bilang...

....dan sudah ada tiga rumah yang menanti gw jadi menantu..........

hah...!!!serius????sayang euy gw masih lama lulusnya....hehe

sebenarnya sih lagi sedih, kok gw dan dia ga bisa bersama yak..hikshiks....

8:32 am  
Blogger ikram bilang...

wew, beni lagi melankolis :)

10:02 pm  

Post a Comment

<< Home